Deskripsi

Amoniak digunakan sebagai bahan mentah dalam industri kimia. Amoniak produksi Pupuk Kaltim dipasarkan dalam bentuk cair pada suhu -33° C dengan kemurnian minimal 99,5% dan campuran (impurity) berupa air maksimal 0,5%. Amoniak dibuat dari bahan baku gas bumi yang direaksikan dengan udara dan uap air yang diproses pada suhu dan tekanan tinggi secara bertahap melalui beberapa reaktor yang mengandung katalis.

Amoniak dihasilkan dari bahan baku utama gas bumi, uap air, dan udara. Pupuk Kaltim memiliki 5 (lima) pabrik Amoniak, yaitu Pabrik 1A, Pabrik 2, Pabrik 3, Pabrik 4, dan Pabrik 5. Kapasitas total mencapai 2,74 juta ton Amoniak per tahun.



Proses Produksi

Amonia and Urea Fertilizer Production Schema

...

MSDS

Material Safety Data Sheet

Safety Data Sheet (SDS) atau Lembar Data Keselamatan (LDK) merupakan lembar petunjuk /dokumen yang berisi informasi bahan kimia meliputi sifat bahan (fisik dan kimia), jenis bahaya yang ditimbulkan, cara penanganan, tindakan khusus dalam keadaan darurat dan informasi lain yang diperlukan.

Dokumen ini memiliki peran penting untuk menunjang keselamatan kerja terhadap penanganan bahan kimia. SDS memberikan informasi mengenai prosedur yang tepat dalam transportasi, penyimpanan saat sebelum digunakan, penanganan pada saat digunakan, , penanganan khusus kedaruratan hingga tata cara pembuangan bahan kimia setelah digunakan. Oleh karna itu setiap pekerja yang akan menggunakan bahan kimia, diharuskan membaca SDS bahan tersebut demi keselamatan personal, material maupun lingkungan.

Produsen bahan kimia wajib menyediakan SDS produk bahan kimia yang dihasilkan sesuai dengan regulasi nasional maupun internasional yang berlaku.


  • Layanan pelanggan Pupuk Indonesia:
  • 0800 100 8001 (Bebas Pulsa)
  • 0811 991 8001 (WhatsApp)
  • konsumen@pupuk-indonesia.com
  • Gedung Graha Phonska, Lt. 4. Jalan Tanah Abang III, No. 116 Jakarta Pusat 10160

Halaman Selanjutnya

NPK

logo