Pupuk Kaltim Raih Terbaik 2 Anugerah BUMN 2021 kategori Transformasi Bisnis dan Organisasi

12 April 2021

Pupuk Kaltim meraih penghargaan Terbaik II Kategori Transformasi Bisnis dan Organisasi dari BUMN Track, pada Anugerah BUMN ke-10 Tahun 2021. Penghargaan diterima oleh SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono, dari Dewan Pakar BUMN Track Enny Sri Hartati, di Grand Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Jakarta, pada Kamis (8/4).

Pupuk Kaltim sebagai salah satu anak usaha BUMN, dinilai berhasil mengimplementasikan strategi dan transformasi bisnis di masa pandemi Covid-19. Hal ini melihat berbagai langkah pengembangan yang dilaksanakan Pupuk Kaltim dari sisi bisnis diikuti kebijakan strategis, sehingga mampu mencapai performa maksimal dalam satu tahun terakhir. “Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pupuk Kaltim untuk terus meningkatkan kontribusi dalam mendukung ketahanan pangan nasional,” ujar Teguh Ismartono.

Dijelaskannya, Pupuk Kaltim terus mendorong transformasi bisnis dengan menjalankan strategi “all-in transformation” dengan mentransformasikan performance dan portofolio moves secara terpadu dan sistematis. Upaya tersebut sekaligus menjawab tantangan yang kian kompleks dan dinamis, serta menuntut Pupuk Kaltim mengambil langkah strategis dalam mendukung optimalisasi dan efisiensi kinerja, khususnya meningkatkan produktivitas dan realisasi target. “Salah satunya penyelarasan proyeksi tren masa depan agar selalu siap menghadapi tantangan bisnis, serta mengoptimalkan peluang demi keberlangsungan Perusahaan,” terang Teguh.

Pupuk kalim meningkatkan kesejahteraan petani dan tetap menjaga kedaulatan pangan nasional dengan mengoptimalkan program pemupukan yang efisien, pertanian presisi, dan agrosolusi pertanian. Pupuk kaltim mengintegrasikan proses kepemimpinan, operasi dan produksi, pemasaran dan penjualan, manajemen sumber daya manusia, dan inovasi bekelanjutan untuk mendukung pencapaian kinerja selama Pandemi Covid-19. “Transformasi bisnis menjadi perhatian utama Pupuk Kaltim di era industri 4.0, untuk diterapkan melalui sejumlah strategi dalam meningkatkan daya saing di kancah global,” papar Teguh.

Kinerja yang baik selama tahun 2020 ini dibuktikan dengan peningkatan pendapatan perusahaan setelah pajak, pendapatan per karyawan, marketshare, Corporate KPI, Good Corporate Governance Score, keterikatan karyawan dan pelanggan, serta meningkatnya indeks kesehatan budaya serta program pengembangan karyawan talenta.

CEO BUMN Track SH Sutarto, mengatakan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada BUMN dan anak usaha BUMN, yang selama ini berperan terhadap perekonomian negara dan berkontribusi besar dalam mendorong penanganan pandemi Covid-19. Melalui transformasi bisnis dalam menjamin keberlangsungan usaha, BUMN menjadi wakil pemerintah dalam mendukung proses pemulihan ekonomi, yang diharap semakin produktif ke depannya. “Melalui anugerah ini, kami mengapresiasi seluruh upaya BUMN bersama anak usaha, yang selama ini telah berkontribusi maksimal bagi bangsa dan negara,” kata Sutarto. (*/nav)


Download:

    Supporting Healh Protocol During PPKM, Pupuk Kaltim Distributed 2,000 Masks To Polres Bontang

    NEXT PAGE

    SNI AWARD
    PLATINUM

    PROPER
    EMAS

    INDUSTRI
    HIJAU LV.5