You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.
Kampung Aren Berdaya Ramah Disabilitas


Kampung Aren Berdaya Ramah Disabilitas

Inovasi pengelolaan lingkungan oleh Inbis yakni Gerakan Rombak Lingkungan Kampung Aren (Gerobak Lingkar) adalah kegiatan inisiatif pelibatan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Inbis untuk terlibat aktif dalam menggerakan kesadaran lingkungan masyarakat Kampung Aren. Dilakukan melalui aktivitas sederhana seperti kerja bakti berkala oleh ABK, secara perlahan warga mulai tergerak untuk mengelola kebersihan lingkungan. Awalnya, Kampung Aren mendapatkan label sebagai daerah dengan lingkungan yang tidak layak (Label oleh Pemerintah Kota Bontang), hingga bersama Inbis, warga Kampung Aren menginisiasikan Kampung Aren Berdaya Ramah Disabilitas. Warga mendeklarasikan diri sebagai Kampung Aren Berdaya Ramah Disabilitas sejak Agustus tahun 2018 dengan mendapatkan Surat Keputusan dari Andiga Mufti Kuswardani selaku Lurah Api-api sejak awal tahun 2019. 

PT Pupuk Kaltim selaku perusahaan yang berkomitmen terhadap pengembangan masyarakat, turut berpartisipasi aktif dalam pengembangan Kampung Aren. PT Pupuk Kaltim menilai bahwa pengembangan Kampung Aren Berdaya Ramah Disabilitas merupakan sebuah bentuk sinergi dari program Inkubator Bisnis. Kampung Aren merupakan sebuah inovasi sosial yang lahir atas inisiatif masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang inklusif. Masyarakat Kampung Aren sadar bahwa penting untuk hidup berdampingan dengan Inkubator Bisnis. Tujuannya yakni untuk mencapai kejahteraan dibidang Sosial, Lingkungan dan Ekonomi dimana kehidupan inklusif sudah termasuk didalamnya. Dalam mencapai tujuan tersebut, maka dibuatlah sepuluh titik emas Kampung Aren. Titik tersebut antara lain: 

• Gate Entrance

• Bridge Spot

• Aren Farm (Pusat Interaksi)

• Areal Pembibitan dan Komposter

• Emergency & Early Warning System

• Mushola Ramah Disabilitas

• Main Road Spot

• Usaha Terpadu Warga

• Sumur Resapan

• Inbis Permata Bunda

Penciptaan lingkungan Inklusif di Kampung Aren dilaksanakan dengan melibatkan ABK dalam struktur kepengurusan Kampung Aren maupun pelaksanakan kegiatan langsung. Terwujudnya Kampung yang berdaya secara sosial, lingkungan dan ekonomi adalah tujuan besar berdirinya Kampung ini. Hal tersebut diwujudkan secara bertahap melalui adanya Rencana Kerja Tahunan program. Pertama, pada aspek sosial, Kampung ini telah memiliki kegiatan rutin guna mewujudkan lingkungan yang inklusif yakni melalui kegiatan Ngaji tuli yang diadakan secara rutin dan Gerobak Lingkar dan Gotong Royong Kampung. Guna menjaga keamanan kampung telah diadakan pula manajemen keamanan kampung dengan adanya Siskamling. Sejalan dengan hal tersebut, Studi banding dengan kampung tema yang sudah settle, pelatihan kelembagaan dan tanggap bencana, pelatihan kelas bisindo (bahasa isyarat indonesia) dilakukan sebagai bentuk-bentuk pembangunan manusia.

Dari segi ekonomi, Kampung Aren mencoba meningkatkan pendapatan warga melalui keberadaan Rumah Bibit. Selain menjadi sumber pendapatan tambahan warga, dengan adanya perluasan lahan pembibitan pada tahun 2020 kegiatan ini juga turut menjadi sumber pendapatan kas warga. Dari segi lingkungan, Kampung Aren dirancang sebagai Kampung yang asri dan lestari. Hal tersebut dilakukan dengan penghijauan yang massif, diantaranya dilakukan dengan penanaman tanaman tabe pouya dan adanya pergola di Kampung Aren. Terus berinovasi di tengah pandemi, Kampung Aren pada tahun 2020 telah memiliki Posko Kedaruratan Covid 19 yang dikelola melalui kerjasama antara Inkubator Bisnis, usaha warga dan RT setempat. Dengan adanya pengembangan Kampung ini, PT Pupuk Kaltim dapat melakukan klaim menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mengembangkan kampung yang ramah difabel.

 



« Back
© PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)