Perhatian! Menginformasikan bahwa dalam proses Pengadaan, PT Pupuk Kaltim tidak pernah meminta sumbangan dalam bentuk apapun baik yang mengatasnamakan perusahaan, karyawan, manajemen ataupun direksi
 
 

Distribusi

 

 

Skema Distribusi

Untuk memenuhi penugasan Pemerintah kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam pemenuhan suplai pupuk Urea dan NPK bersubsidi di dalam negeri, Pupuk Kaltim menyiapkan stok pupuk Urea dan NPK bersubsidi yang cukup untuk kebutuhan di masing-masing wilayah distribusi sesuai ketentuan Pemerintah yang secara berkala ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Pupuk Kaltim memproduksi dan mendistribusikan pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian sesuai dengan wilayah tanggung jawab, mulai dari Lini I hingga Lini IV berdasarkan prinsip 6 (Enam) Tepat, yaitu Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Tempat, Tepat Waktu dan Tepat Mutu. Pupuk Kaltim selaku produsen wajib menjamin kelancaran penyaluran pupuk bersubsidi.

distribusi pupuk

 

Area Pemasaran

Guna memenuhi penugasan Pemerintah mengenai pemenuhan suplai pupuk urea, Pupuk Kaltim memprioritaskan kebutuhan dalam negeri (Urea Bersubsidi) sesuai alokasi yang diberikan oleh pemerintah. Pupuk Kaltim menyiapkan stok yang cukup untuk kebutuhan di masing-masing wilayah pemasaran, sehingga kelangkaan pupuk dapat diminimalisir.

Area Pemasaran Pupuk Bersubsidi

area pemasaran dalam negeri
 


Area Pemasaran Pupuk Non Subsidi

area pemasaran eksport

Kantor Penjualan

:distribution:

Syarat Distributor

Pupuk Kaltim melakukan penunjukkan Distributor Pupuk Bersubsidi sesuai dengan kebutuhan untuk menjamin kelancaran penyaluran di wilayah distribusi. Calon Distributor yang berminat dan telah memenuhi persyaratan, dapat mengirimkan surat permohonan pengajuan ke Kantor Pemasaran Pupuk Kaltim setempat.
Syarat-syarat sebagai Distributor Pupuk Bersubsidi sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 15/M-DAG/PER/4/2013 Pasal 4 Ayat 2  :

  • 1

    Bergerak dalam bidang usaha perdagangan umum.

  • 2

    Memiliki kantor dan pengurus yang aktif menjalankan kegiatan usaha perdagangan di tempat kedudukannya.

  • 3

    Memenuhi syarat-syarat umum untuk melakukan kegiatan perdagangan, yaitu Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Pergudangan.

  • 4

    Memiliki dan atau menguasai sarana gudang dan alat transportasi yang dapat menjamin kelancaran penyaluran Pupuk Bersubsidi di wilayah tanggung jawabnya.

  • 5

    Memiliki jaringan distribusi yang dibuktikan dengan memiliki paling sedikit 2 (dua) pengecer di setiap kecamatan atau desa di wilayah tanggung jawabnya.

  • 6

    Rekomendasi dari Dinas Kabupaten atau Kota setempat yang membidangi perdagangan untuk penunjukan Distributor baru.

  • 7

    Memiliki permodalan yang cukup sesuai ketentuan yang dipersyaratkan oleh Produsen.

  • Pupuk Kaltim tidak melakukan penunjukkan Distributor secara khusus untuk penjualan pupuk Non Subsidi. Pupuk Kaltim melayani seluruh permintaan pembelian, baik oleh Distributor untuk dijual kembali ke Pihak Ketiga atau permintaan langsung oleh. Tata cara pembelian produk Non Subsidi Pupuk Kaltim dapat menghubungi :
alamat





Layanan Pelanggan & Pengaduan