Jum'at, 28 Maret 2008 PKT Beri Bantuan Lagi

Program Bantuan Pendidikan, Klinik Dhuafa, Bantuan Permodalan & Bantuan Untuk Ponpes

Untuk kesekian kali PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menyalurkan bantuan kepada masyarakat Bontang, kali ini PKT memberikan Program Bantuan Pendidikan. Program ini memberikan kesempatan kepada siswa/siswi berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ternama di Jawa, seluruhnya atas biaya PKT.

Program Bantuan pendidikan ini telah menjaring sejumlah siswa-siswi SMA/ SMA/SMK di Bontang. Sebanyak 51 orang yang merupakan putra-putri daerah kelahiran Bontang, dengan rincian 36 orang kelas III Program IPA, dan 21 Orang Kelas III Program III Program Studi IPS, semuanya telah lolos persyaratan. Kalau nantinya mereka lolos tes di PT ternama, selanjutnya akan memperoleh beasiswa dari PKT, hingga lulus kuliah.

Sebanyak 42 dari total 51 siswa/siswi Program Biaya Pendidikan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mengikuti tes Penelusuran Bakat Swadana (PBS) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, hasil dari tes Penelusuran Bakat Swadana (PBS) pada tanggal 16 Maret 2008 di gedung Graha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Hasilnya ada 21 Siswa/Siswi dari 11 sekolah di Bontang dinyatakan lulus tes PBS UGM Yogyakarta, dan tanggal 13 April 2008 nanti akan mengikuti tes tulis di Balikpapan.

Selain bantuan Program Bantuan Pendidikan, PKT juga akan melakukan Launching Klinik Sehat Dhuafa yang merupakan kerjasama PKT, Baitul Maal dan Yayasan Rumah Sakit. Klinik ini memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu, khususnya mereka yang belum memliki Askes, Jamkesos dan tidak terjaring program pengobatan gratis dari Pemkot. Pengobatan diberikan kepada mereka yang terdaftar sebagai anggota. Untuk saat ini sudah terdaftar 300 anggota yang terdiri dari anak-anak panti asuhan dan warga usia lanjut/jompo. Layanan yang diberikan untuk saat ini baru layanan Poli Umum dengan memanfaatkan tenaga kesehatan dari RS-PKT.

Selain bantuan Program Pendidikan. PKT juga memberikan bantuan berupa modal langsung dan pelatihan manajerial, pemasaran, dan lainnya. Pinjaman modal kerja akan diberikan kepada 101 pengusaha dengan nilai Rp. 2,369 miliar. Sebanyak Rp 1.130,5 miliar dana tersebut untuk mitra binaan di Bontang. Selama tahun 2008, sampai Maret ini, mitra binaan PKT telah mencapai 197 Mitra Binaan dengan pinjaman modal kerja Rp 4,6 miliar. Sedangkan jumlah keseluruhan Mitra Binaan sampai dengan Maret 2008 berjumlah 20.520 Mitra, sekitar 60 persen diperuntukan bagi masyarakat Bontang. Acara lain yang akan dilakukan adalah penyerahan Bantuan Kepada Pondok Pesantren Hidayatullah Bontang sebesar 60 juta rupiah. *** (ga)






Layanan Pelanggan & Pengaduan