Perhatian! Menginformasikan bahwa dalam proses Pengadaan, PT Pupuk Kaltim tidak pernah meminta sumbangan dalam bentuk apapun baik yang mengatasnamakan perusahaan, karyawan, manajemen ataupun direksi
 
 
 

Sekilas GCG

Tata Kelola Perusahaan

Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) merupakan suatu sistem pengelolaan perusahaan yang mencerminkan hubungan yang tersinergi antara manajemen dan pemegang saham, kreditur, pemerintah, pemasok dan pemangku kepentingan lainnya. Penerapan GCG di Perusahaan memiliki peranan yang penting demi keberlangsungan Perusahaan dengan tujuan membangun lingkungan bisnis yang sehat dan memberi nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan. Dengan menerapkan prinsip GCG, Perusahaan dapat bertahan dan tangguh dalam menghadapi persaingan usaha yang ketat. GCG diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencapai Visi, Misi dan Tujuan Perusahaan secara lebih baik.

Prinsip-prinsip GCG yang terdiri dari Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Kemandirian dan Keadilan harus dijalankan secara menyeluruh dan konsisten serta menjadi jiwa dan spirit setiap Insan Pupuk Kaltim. Sebagai output, GCG akan memberikan perlindungan bagi para pemangku kepentingan dan pada akhirnya GCG akan membantu menciptakan lingkungan yang kondusif terhadap pertumbuhan dunia usaha yang berkesinambungan.

Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG) merupakan wujud kepatuhan Pupuk Kaltim terhadap Surat Edaran PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Pemegang Sahan Pupuk Kaltim nomor SE-08/XI/2012 tanggal 27 Novemmber 2012 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero)

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik di lingkungan Pupuk Kaltim bertujuan untuk:

  • 1

    Mengoptimalkan nilai Perseroan agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga mampu mempertahankan keberadaannya dan hidup berkelanjutan untuk mencapai maksud dan tujuan Perseroan

  • 2

    Mendorong pengelolaan Perseroan secara profesional,efisien, dan efektif, serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian Organ Perseroan

  • 3

    Mendorong agar Organ Perseroan dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta kesadaran akan adanya tanggungjawab sosial Perseroan terhadap Pemangku Kepentingan maupun kelestarian lingkungan di sekitar

  • 4

    Meningkatkan kontribusi Perseroan dalam perekonomian nasional

  • 5

    Meningkatkan iklim yang kondusif bagi perkembangan investasi nasional.

Komitmen Tata Kelola Perusahaan

Pupuk Kaltim memiliki komitmen untuk menerapkan GCG dengan menerbitkannya Surat Keputusan Direksi No. 13/DIR/III.2012 mengenai penyempurnaan Struktur Organisasi Pupuk Kaltim dengan dibentuknya Unit Kerja Departemen Kepatuhan dan Manajemen Risiko sebagai unit kerja pengelola GCG yaitu Kepatuhan dan Manajemen Risiko.

tatakelola

Dalam pelaksanaan penerapan GCG, maka Pupuk Kaltim telah menerbitkanSurat Keputusan Direksi (SKD) PT Pupuk Kaltim Nomor:40/DIR/VII.2013tanggal 8 Juli 2013 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaaan yang Baik (Good Corporate Governance) PT Pupuk Kaltim yang merupakan penyempurnaan SKD No. 4/DIR/II. 2010 tentang Penyempurnaan Kode Etik PT Pupuk Kalimantan Timur, yaitu:

  • Menetapkan dan memberlakukan "Pedoman Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Code Of Good Corporate Governance) PT Pupuk Kalimantan Timur",    sebagaimana Lampiran I Surat Keputusan Direksi ini, sebagai acuan utama bagi penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Coeorate Governance) di PT Pupuk Kalimantan Timur. Selanjutnya, dalam Keputusan ini disebut "Pedoman GCG PKT",
  • Menetapkan dan memberlakukan "Pedoman Dewan Komisaris dan Direksi (Board Manual) PT Pupuk Kalimantan Timur", sebagaimana Lampiran II, sebagai acuan utama bagi pedoman mengenai komitmen tata kelola hubungan antara Dewan Komisaris dan Direksi di PT Pupuk Kalimantan Timur.
Praktik GCG yang telah dilaksanakan, yaitu:

  • Semua transaksi penting yang memerlukan persetujuan Pemegang Saham telah dilaksanakan sesuai ketentuan. Pemegang Saham telah memberikan arahan kepada Diresi untuk melakukan berbagai terobosan dalam merespon kondisi pasar.
  • Dewan Komisaris telah memiliki Board Manual yang mengatur fungsi, pembagian tugas dan tanggung jawab
  • Direksi telah melakukan perubahan struktur organisasi, mengantisipasi perkembangan bisnis dan strategi, menerapkan manajemen risiko, melakukan self assesment risiko dan meningkatkan kapabilitas manajemen mutu
  • Sekretaris Perusahaan menyampaikan informasi kepada pemangku kepentingan secara berkala, jelas dan akurat, antara lain melalui media cetak maupun elektronik.
  • Perusahaan telah membentuk Tim Self Assessment GCG dan melakukan asesmen berdasarkan parameter yang disusun BPKP

Pupuk Kaltim saat ini telah memiliki Kebijakan dan Pedoman sebagai bentuk komitmen dalam penerapan GCG, antara lain:
                  

Pedoman Good Corporate Governance (GCG)
tata

Pedoman Good Corporate Governance(GCG) merupakan dasar bagi Direksi dan Manajemen PT Pupuk Kalimantan Timur untuk mengambil keputusan dan kebijakan sesuai dengan prinsip-prinsip GCG yaitu: transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kewajaran. Pedoman GCG diperlukan agar PT Pupuk Kalimantan Timur dapat bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, GCG diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencapai visi dan misi Perusahaan.

Download Pedoman Tata Kelola Perusahaan

Pedoman Dewan Komisaris dan Direksi. Board Manual
 board

Buku Pedoman Dewan Komisaris dan Direksi (selanjutnya disebut dengan Board Manual) adalah pedoman mengenai komitmen tata kelola hubungan antara Dewan Komisaris dan Direksi yang menjelaskan secara garis besar hal-hal yang berkenaan dengan struktur organ Dewan Komisaris dan organ Direksi serta proses hubungan  fungsi organ Dewan Komisaris, organ Direksi dan antara kedua organ Pupuk Kalimantan Timur (selanjutnya disingkat Pupuk Kaltim).

Panduan Perilaku (Kode Etik Perusahaan)
 perilaku Kode Etik Perusahaan menjabarkan prinsip yang menjadi landasan berperilaku bagi Pupuk Kaltim sebagai Perusahaan dan segenap anggota Komisaris, Direksi serta  Karyawan sebagai lnsan Pupuk Kaltim dalam melakukan tugas, tanggung jawab dan kewenangannya masing-masing. Pupuk Kaltim berusaha untuk mencapai keberhasilan usaha secara berkelanjutan yang dibangun berdasarkan budaya perusahaan dan karakter Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan prinsip GCG dan semangat Kode Etik Perusahaan ini.

Download Panduan Perilaku
Pedoman Pelaporan Pelanggaran Kode Etik Perusahaan. Whistleblowing System
 wbss

Dalam implementasi GCG, pelaporan pelanggaran (whistleblowing) merupakan salah satu unsur pengendalian internal pada tingkat entitas yang harus dirancang dan dijalankan oleh unit kerja yang dibentuk bersama oleh Komisaris dan Direksi. Dengan adanya Pedoman atas pelaporan pelanggaran karyawan dan pihak berkepentingan, diharapkan penatausahaan, penanganan dan pemantauan pengaduan dapat terselenggara dengan efektif, efisien, terkoordinasi, dan  dapat dipertanggung jawabkan.

Download Pedoman Pelaporan Pelanggaran Kode Etik

Kebijakan Manajemen Risiko
manriskk

Pedoman Manajemen Risiko merupakan panduan bagi PT Pupuk Kalimantan Timur dalam penerapan manajemen risiko dan diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi seluruh karyawan mengenai substansi Kebijakan Manajemen Risiko yang telah ditetapkan Direksi sebagai acuan penerapan manajemen risiko bagi seluruh unit kerja. Dalam pelaksanaannya perlu memperhatikan karakteristik risiko dan cara penanganannya.

Download Kebijakan Manajemen Risiko

Pedoman Pengendalian Gratifikasi
 gratif  

PT Pupuk Kalimantan Timur telah memiliki Pedoman Pengendalian Gratifikasi yang disahkan melalui Surat Keputusan Direksi Nomor: 55/DIR/X.2015 pada tanggal 16 Oktober 2015.

SK Direksi tersebut berisikan

  1. Pedoman Pengendalian Gratifikasi PT Pupuk Kaltim pada Lampiran I
  2. Struktur, Tugas dan Kewenangan Unit Pengendali Gratifikasi
    PT Pupuk Kaltim pada Lampiran II
  3. Formulir Pelaporan Pengendalian Gratifikasi PT Pupuk Kaltim pada Lampiran III
Download Pedoman Pengendalian Gratifikasi PT Pupuk Kaltim




















































































             *klik link untuk melihat dokumen terkait
 









Layanan Pelanggan & Pengaduan