Perhatian! Menginformasikan bahwa dalam proses Pengadaan, PT Pupuk Kaltim tidak pernah meminta sumbangan dalam bentuk apapun baik yang mengatasnamakan perusahaan, karyawan, manajemen ataupun direksi
 
 

Sekilas GCG

Tata Kelola Perusahaan

Pupuk Kaltim komitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan (good corporate governance-(GCG) sebagai langkah berkelanjutan dalam mencapai peningkatan kinerja perusahaan, kepatuhan pada peraturan perundangan yang berlaku dan kesesuaian pada norma etika dan masyarakat.

Sesuai Visi Pupuk Kaltim yaitu Menjadi Perusahaan Agro-kimia yang Memiliki Reputasi Prima di Kawasan Asia maka penerapan GCG mencapai sasaran guna meningkatkan kinerja perusahaan, kepatuhan pada peraturan perundangan yang berlaku dan kesesuaian pada norma etika dan masyarakat. Aspek-aspek tersebut dilaksanakan bersamaan dan secara proposional sehingga berpengaruh terhadap kebijakan strategis maupun praktik-praktik bisnis, agar dapat mempertahankan kesinambungan usaha dan peningkatan nilai bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG) merupakan wujud kepatuhan Pupuk Kaltim terhadap Surat Edaran PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Pemegang Sahan Pupuk Kaltim nomor SE-08/XI/2012 tanggal 27 Novemmber 2012 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero)

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik di lingkungan Pupuk Kaltim bertujuan untuk:

  • 1

    Mengoptimalkan nilai Perseroan agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga mampu mempertahankan keberadaannya dan hidup berkelanjutan untuk mencapai maksud dan tujuan Perseroan

  • 2

    Mendorong pengelolaan Perseroan secara profesional,efisien, dan efektif, serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian Organ Perseroan

  • 3

    Mendorong agar Organ Perseroan dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta kesadaran akan adanya tanggungjawab sosial Perseroan terhadap Pemangku Kepentingan maupun kelestarian lingkungan di sekitar

  • 4

    Meningkatkan kontribusi Perseroan dalam perekonomian nasional

  • 5

    Meningkatkan iklim yang kondusif bagi perkembangan investasi nasional.

Komitmen Tata Kelola Perusahaan

Pupuk Kaltim memiliki komitmen untuk menerapkan GCG dengan menerbitkannya Surat Keputusan Direksi No. 13/DIR/III.2012 mengenai penyempurnaan Struktur Organisasi Pupuk Kaltim dengan dibentuknya Unit Kerja Departemen Kepatuhan dan Manajemen Risiko sebagai unit kerja pengelola GCG yaitu Kepatuhan dan Manajemen Risiko.

tatakelola

Dalam pelaksanaan penerapan GCG, maka Pupuk Kaltim telah menerbitkan Surat Keputusan Direksi (SKD) No. 28/ DIR/VI.2005 mengenai penerapan dan pedoman GCG di Pupuk Kaltim dan SKD No. 4/DIR/II. 2010, yang merupakan penyempurnaan Surat Keputusan Direks No. 55/DIR/IX.2009 tentang Penyempurnaan Kode Etik PT Pupuk Kalimantan Timur.

Pupuk Kaltim saat ini telah memiliki Kebijakan dan Pedoman sebagai bentuk komitmen dalam penerapan GCG, antara lain:
                  

Pedoman Good Corporate Governance (GCG)
tata

Pedoman Good Corporate Governance(GCG) merupakan dasar bagi Direksi dan Manajemen PT Pupuk Kalimantan Timur untuk mengambil keputusan dan kebijakan sesuai dengan prinsip-prinsip GCG yaitu: transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kewajaran. Pedoman GCG diperlukan agar PT Pupuk Kalimantan Timur dapat bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, GCG diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencapai visi dan misi Perusahaan.

Download Pedoman Tata Kelola Perusahaan

Pedoman Dewan Komisaris dan Direksi. Board Manual
 board

Buku Pedoman Dewan Komisaris dan Direksi (selanjutnya disebut dengan Board Manual) adalah pedoman mengenai komitmen tata kelola hubungan antara Dewan Komisaris dan Direksi yang menjelaskan secara garis besar hal-hal yang berkenaan dengan struktur organ Dewan Komisaris dan organ Direksi serta proses hubungan  fungsi organ Dewan Komisaris, organ Direksi dan antara kedua organ Pupuk Kalimantan Timur (selanjutnya disingkat Pupuk Kaltim).

Panduan Perilaku (Kode Etik Perusahaan)
 perilaku Kode Etik Perusahaan menjabarkan prinsip yang menjadi landasan berperilaku bagi Pupuk Kaltim sebagai Perusahaan dan segenap anggota Komisaris, Direksi serta  Karyawan sebagai lnsan Pupuk Kaltim dalam melakukan tugas, tanggung jawab dan kewenangannya masing-masing. Pupuk Kaltim berusaha untuk mencapai keberhasilan usaha secara berkelanjutan yang dibangun berdasarkan budaya perusahaan dan karakter Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan prinsip GCG dan semangat Kode Etik Perusahaan ini.

Download Panduan Perilaku
Pedoman Pelaporan Pelanggaran Kode Etik Perusahaan. Whistleblowing System
 wbss

Dalam implementasi GCG, pelaporan pelanggaran (whistleblowing) merupakan salah satu unsur pengendalian internal pada tingkat entitas yang harus dirancang dan dijalankan oleh unit kerja yang dibentuk bersama oleh Komisaris dan Direksi. Dengan adanya Pedoman atas pelaporan pelanggaran karyawan dan pihak berkepentingan, diharapkan penatausahaan, penanganan dan pemantauan pengaduan dapat terselenggara dengan efektif, efisien, terkoordinasi, dan  dapat dipertanggung jawabkan.

Download Pedoman Pelaporan Pelanggaran Kode Etik

Kebijakan Manajemen Risiko
manriskk

Pedoman Manajemen Risiko merupakan panduan bagi PT Pupuk Kalimantan Timur dalam penerapan manajemen risiko dan diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi seluruh karyawan mengenai substansi Kebijakan Manajemen Risiko yang telah ditetapkan Direksi sebagai acuan penerapan manajemen risiko bagi seluruh unit kerja. Dalam pelaksanaannya perlu memperhatikan karakteristik risiko dan cara penanganannya.

Download Kebijakan Manajemen Risiko

Pedoman Pengendalian Gratifikasi
 gratif  

PT Pupuk Kalimantan Timur telah memiliki Pedoman Pengendalian Gratifikasi yang disahkan melalui Surat Keputusan Direksi Nomor: 55/DIR/X.2015 pada tanggal 16 Oktober 2015.

SK Direksi tersebut berisikan

  1. Pedoman Pengendalian Gratifikasi PT Pupuk Kaltim pada Lampiran I
  2. Struktur, Tugas dan Kewenangan Unit Pengendali Gratifikasi
    PT Pupuk Kaltim pada Lampiran II
  3. Formulir Pelaporan Pengendalian Gratifikasi PT Pupuk Kaltim pada Lampiran III
Download Pedoman Pengendalian Gratifikasi PT Pupuk Kaltim




















































































             *klik link untuk melihat dokumen terkait

Kode Etik

Kode Etik Perusahaan disusun sebagai acuan bagi semua pihak di dalam perusahaan serta pihak luar yang terkait dengan usaha perusahaan dalam melaksanakan tugas dan pengambilan keputusan

Prinsip-prinsip GCG yang digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan Kode Etik Perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Prinsip Transparansi
  • Prinsip Kemandirian
  • Prinsip Akuntabilitas
  • Prinsip Pertanggungjawaban
  • Prinsip Kewajaran

Tujuan dikembangkannya Kode Etik Perusahaan ini adalah:

  • 1

    Mengembangkan perilaku yang baik sesuai dengan standar etika yang tinggi bagi korporasi, komisaris, direksi dan seluruh karyawan; dan

  • 2

    Mengembangkan hubungan yang baik dengan pihak eksternal berlandaskan prinsip-prinsip GCG dan semangat Kode Etik Perusahaan ini

Dengan menerapkan Kode Etik Perusahaan ini Pupuk Kaltim yakin mendapatkan manfaat dalam jangka panjang, yaitu berupa:

  • 1

    Karyawan menikmati lingkungan kerja yang jujur, beretika dan terbuka sehingga meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan karyawan secara menyeluruh.

  • 2

    Perusahaan akan menikmati reputasi yang baik, perlindungan atas tuntutan hukum yang terjadi dan pada akhirnya terwujud kemakmuran dan keberhasilan usaha yang berkelanjutan.

  • 3

    Masyarakat secara umum akan menikmati hubungan yang baik dengan Perusahaan dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.

Pupuk Kaltim bertekad untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai yang tertulis dalam Kode Etik Perusahaan dan Pakta Integritas. Dalam pelaksanaannya, perusahaan juga mengajak peran serta seluruh masyarakat dan dunia usaha untuk turut memonitor penerapan Kode Etik Perusahaan dan Pakta Integritas.

Pakta Integritas

Pupuk Kaltim turut berupaya mewujudkan dunia usaha nasional yang bersih, transparan dan profesional.

Saat ini Dewan Komisaris, Direksi dan karyawan Pupuk Kaltim telah menandatangani Piagam Pakta Integritas terhadap Kode Etik Perusahaan .

Piagam Pakta Integritas Dewan Komisaris, Direksi dan Karyawan berisi:

  • 1

    Menggunakan segala potensi yang saya miliki untuk turut mempercepat perwujudan pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan yang Bersih Transparan profesional dalam rangka berpartisipasi memperbaiki masa depan kehidupan bangsa.

  • 2

    Melaksanakan dengan sungguh-sungguh Pakta lntegritas PT Pupuk Kalimantan Timur yang meliputi Good Corporate Governance (GCG), Pedoman Perilaku/Kode Etik dan prinsip Usaha Yang Sehat serta penerapan sistem reward and punishment yang proporsional.

  • 3

    Memegang teguh Prinsip Dasar lntegritas Perusahaan, yaitu bertindak jujur, dapat dipercaya, bertanggung jawab, disiplin, menghindari konflik kepentingan, dan tidak mentolerir suap.

  • 4

    Telah sepenuhnya mengerti dan memahami Kode Etik Perusahaan dan bersedia melaksanakannya dengan sepenuh hati.

  • 5

    Sebagai wujud komitmen untuk menegakkan integritas dan Kode Etik PT Pupuk Kalimantan Timur, saya bersedia menerima sanksi dan bersedia diproses sesuai hukum yang berlaku apabila saya terbukti melakukan tindakan tidak jujur, benturan kepentingan, mencuri, korupsi, menerima suap, dan gratifikasi.

Mengajak pelaku-pelaku usaha yang berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan PT Pupuk Kalimantan Timur, untuk menandatangani Pakta Integritas dalam rangka membangun pulau-pulau Integritas di kalangan dunia usaha.

Pelanggaran atas Pakta Integritas membawa konsekuensi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

manrisk






Layanan Pelanggan & Pengaduan