Perhatian! Menginformasikan bahwa dalam proses Pengadaan, PT Pupuk Kaltim tidak pernah meminta sumbangan dalam bentuk apapun baik yang mengatasnamakan perusahaan, karyawan, manajemen ataupun direksi
 
Kamis, 26 Oktober 2017 Tahun 2017 Pupuk Kaltim Salurkan Modal Kerja 1,3 Milyar dan Bantuan Hibah 11 Milyar

Pupuk Kaltim terus memberikan perhatian kepada masyarakat di sekitar Perusahaan dengan melakukan berbagai kegiatan CSR berbasis pemberdayaan, salah satunya diwujudkan melalui Pinjaman Modal Kerja bagi Mitra Binaan. Dengan bertempat di Gedung Kantin Wijaya Kusuma, Pupuk Kaltim mengadakan acara Pencairan Pinjaman Modal Kerja Bagi Mitra Binaan pada (25/10) yang dihadiri oleh Direktur Komersil Pupuk Kaltim Gatoet Gembiro N, Kepala Bidang Koperasi dari Dinas Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Bontang Yusran, Jajaran Manajemen Pupuk Kaltim dan Mitra Binaan Pupuk Kaltim.

Sejak tahun 1989, Pupuk Kaltim sudah memberikan bantuan berupa pinjaman modal kerja untuk usaha kecil kepada masyarakat sekitar Perusahaan. Input yang diberikan Pupuk Kaltim berupa pinjaman modal kerja kepada masyarakat adalah bantuan pinjaman dengan tingkat bunga rendah yaitu 3 % untuk usaha kecil yang belum bisa memenuhi kategori untuk meminjam di lembaga Perbankan (Non Bankable). Program ini merupakan dukungan atas gerakan ekonomi berbasis kerakyatan yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan modal terhadap usaha kecil.

Untuk periode Oktober 2017 pencairan pinjaman modal kerja yang disalurkan sebesar Rp 1,342 Milyar dengan total mitra binaan 47 orang yang berasal dari wilayah Bontang, Kutim, Kukar, dan Samarinda. Program ini juga bersinergi dengan Kompartemen Pemasaran Pupuk Kaltim dimana sektor usaha yang bergerak dibidang pertanian dan perkebunan sawit sebagian modal kerja yang diterima oleh Mitra Binaan akan dipergunakan untuk pembelian Pupuk NPK Non Subsidi.

Selain pinjaman modal kerja, Pupuk Kaltim juga melakukan program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan training pengembangan karakter. Adapun total penyaluran bantuan untuk program hibah berupa teknik produksi, manajerial, pemasaran yang telah disalurkan Pupuk Kaltim untuk tahun 2017 sebesar Rp 11 Milyar.  Dari mitra binaan ini diberikan juga pembinaan cara pemakaian pupuk sehingga diharapkan akan menjadi konsumen yang loyal terhadap produk Pupuk Kaltim.

Dalam sambutannya, Direktur Komersil Pupuk Kaltim Gatoet Gembiro mengungkapkan bahwa seiring dengan bertambahnya umur Kota Bontang, pemberian pinjaman modal kerja oleh Pupuk Kaltim memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan perekonomian masyarakat Bontang. Hal ini ditunjukkan dengan semakin baiknya taraf hidup dan style of life masyarakat Bontang yang mengarah ke masyarakat modern.

Yusran Kepala Bidang Koperasi dari Dinas Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Bontang mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Bontang mengucapkan terima kasih atas berbagai program CSR Pupuk Kaltim yang manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Wiji Rahayu yang merupakan salah satu mitra binaan Pupuk Kaltim menyatakan bahwa selama dia selalu diberikan support baik berupa modal pinjaman, promosi maupun berbagai pelatihan untuk mengembangkan bisnisnya.

Perlu diketahui bahwa Pupuk Kaltim sangat fokus terhadap pengembangan kapasitas mitra binaan sehingga tercipta masyarakat yang mandiri dan meningkat kesejahteraannya melalui pemanfaatan dana yang diberikan Pupuk Kaltim. (ris)






Layanan Pelanggan & Pengaduan