Perhatian! Menginformasikan bahwa dalam proses Pengadaan, PT Pupuk Kaltim tidak pernah meminta sumbangan dalam bentuk apapun baik yang mengatasnamakan perusahaan, karyawan, manajemen ataupun direksi
 
Selasa, 09 Mei 2017 Menghadapi Awal Musim Tanam Pupuk Kaltim Melakukan Sosialisasi Produk dan Distribusi Pupuk Ke Distributor dan Awak Media

Pencapaian produksi Urea PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terus meningkat seiring dengan beroperasinya lima Pabrik Pupuk Kaltim setelah dilakukan perbaikan tahunan. Terkait dengan kesiapan dalam menghadapi musim tanam, Pupuk Kaltim telah menyediakan stok Urea Subsidi sebanyak 307.519 ton, sedangkan untuk stok NPK Subsidi sebanyak 25.353 ton sampai dengan 3 Mei 2017. Realisasinya Pupuk Kaltim telah menjual 482.509 ton Urea Subsidi ke wilayah distribusi Pupuk Kaltim. Sedangkan untuk NPK subsidi, Pupuk Kaltim telah menjual sebanyak 84.700 ton. Penjualan pupuk bersubsidi dilakukan Pupuk Kaltim untuk memenuhi kebutuhan petani atau kelompok tani sepanjang tahun, khususnya selama masa musim tanam yang saat ini masih berlangsung, sedangkan untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara di bulan Mei terealisasi 188 ton, alokasi yang ditetapkan sebesar 1.883 ton atau sudah 10% dan realisasi sejak 1 Januari hingga 3 Mei sebesar 7.583 ton dari alokasi untuk tahun 2017 sebesar 18.831 ton atau sudah 30% untuk kebutuhan satu tahun.

Untuk menjaga kebutuhan pupuk di daerah, pengadaan Uurea bersubsidi selain dari Bontang, Kalimantan Timur juga akan dipasok dari beberapa Distribution Center (DC) yang tersebar di Surabaya, Banyuwangi, Semarang dan Makassar.  Hal ini untuk terus menjaga stok aman yang telah ditentukan oleh SK Mentan. Pada musim tanam saat ini, Pupuk Kaltim telah meningkatkan stok di daerah melebihi dari ketentuan yang berlaku.

Hal-hal antisipatif lainnya juga terus dilakukan Pupuk Kaltim dalam menghadapi musim tanam, seperti meningkatkan sistem monitoring stok dengan penggunaan aplikasi Distribution Planning Control System (DPCS) dan penjualan serta penambahaan kapasitas produksi melalui pengoperasian kelima Pabrik Pupuk Kaltim  dengan rate maksimal. Langkah-langkah pengamanan distribusi Pupuk bersubsidi secara kontinyu juga dilakukan melalui koordinasi dengan Distributor, PPL, KP3, Dinas terkait, Pemerintah Daerah setempat serta membentuk Tim Posko Pengamanan Musim Tanam yang siap sedia 1 x 24 jam selama 7 hari dalam seminggu. Selain itu, Pupuk Kaltim meyediakan jaringan bebas pulsa untuk para petani, kios resmi dan distributor yang ingin menyampaikan keluhan dan saran guna meminimalisir adanya permasalahan yang timbul terkait pengadaan pupuk bersubsidi.

Realisasi tindak lanjut dari kesiapan Pupuk Kaltim dalam menghadapi musim tanam, maka penting bagi Perusahaan untuk mengadakan Sosialisasi Product Knowledge, proses distribusi pupuk serta hal yang terkait di dalam proses tersebut kepada insan media dan distributor pupuk yang ada di daerah wilayah pemasaran Pupuk Kaltim. Kali ini sosialisasi dilakukan di Kendari pada 9 Mei 2017. Selain itu, Departemen Humas bersama Departemen PSO 2 dan para insan media juga melakukan tur ke beberapa gudang guna meninjau langsung stok pupuk di wilayah tersebut. Kegiatan ini sebelumnya telah dilakukan di Balikpapan dan Banjarmasin pada 22 dan 24 Maret lalu, Makassar pada 4 April dan Manado pada 6 April. Sosialisasi Product Knowledge nantinya akan menjadi agenda rutin Pupuk Kaltim setiap tahunnya ke wilayah pemasaran lainnya.

tanam

Sosialisasi di Kendari ini dihadiri oleh insan media wilayah Kendari dan distributor pupuk serta manajemen Pupuk Kaltim wilayah pemasaran Sulawesi Tenggara. Acara di buka oleh Nour El Haq Manager PSO 2 wilayah Kalimantan dan Sulawesi, didampingi Sugeng Suedi, Superintendent Publikasi dan Dokumentasi Departemen Humas Pupuk Kaltim, Presentasi tentang Produk Knowledge disampaikan oleh Rudy Sulispriyono  Staf Departemen Pelayanan dan Komunikasi Produk, Proses Distribusi Pupuk di jelaskan Bambang Harjanto Superintendent Pemasaran PSO 2. Turut hadir pada acara hari ini Kabid PSP dari Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan propinsi Sultra Bapak Sukirman. Momen Sosialisasi Product Knowledge juga sekaligus bersamaan dengan Peresmian PI Mart Kendari.

Dalam sambutannya Nour El Haq mengatakan kepada para distributor agar dapat meningkatkan kinerjanya serta bisa menjaga stok pupuk untuk 2 minggu ke depan, agar kebutuhan pupuk bagi para petani bisa terpenuhi dengan cepat dan tepat.

Pada kesempatan ini pula Kabid PSP Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Sukirman mengatakan bahwa mereka sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pupuk Kaltim terkait kinerja, penanganan keselamatan juga kepedulian perusahaan terhadap karyawan. Sukirman juga mengusulkan agar harga pupuk subsidi dan non subsidi harganya jangan terlalu jauh bedanya.

Terkait proyeksi kinerja tahun 2017, Pupuk Kaltim menargetkan produksi Urea sebesar 3.4 juta ton lebih besar dibandingkan tahun 2016 sebesar 3.3 juta ton. Hal ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan SK Mentan tahun 2017 di wilayah penyaluran Pupuk Kaltim sebesar 1,464 juta ton. (SgS)






Layanan Pelanggan & Pengaduan