Perhatian! Menginformasikan bahwa dalam proses Pengadaan, PT Pupuk Kaltim tidak pernah meminta sumbangan dalam bentuk apapun baik yang mengatasnamakan perusahaan, karyawan, manajemen ataupun direksi
 
Kamis, 15 Desember 2016 Mekarsari Raih Juara Pertama KUBE Tingkat Nasional

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mekarsari yang merupakan bagian dari program CSR PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) “Pengelolaan Kompos Berbasis Masyarakat” meraih Juara Pertama Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tingkat Nasional tahun 2016 yang diadakan Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI.

Penilaian KUBE tingkat Nasional diadakan pada 7 Desember sampai dengan 9 Desember di Jakarta. KUBE Mekarsari merupakan satu-satunya perwakilan KUBE dari Kalimantan Timur. Meski sempat pesimis karena perolehan omzet Mekarsari tidak besar dibanding dengan perwakilan KUBE provinsi lain. Namun penilaian tidak hanya didasarkan pada perolehan omzet, melainkan pada kelengkapan administrasi seperti struktur organisasi, tupoksi anggota, tabungan dan arus simpan pinjam kelompok.  

Awal mula terbentuknya KUBE Mekarsari pada tahun 2014 atas inisiasi warga RT 007 Kelurahan Guntung karena wilayah RT 007 pernah mendapatkan predikat hitam dari Dinas Kesehatan Kota Bontang pada penilaian PHBS tahun 2010. Predikat hitam disematkan mengingat kondisi lingkungan di wilayah RT 007 yang kotor dan kurang tertata. Atas dasar itulah, Pupuk Kaltim hadir dengan program Pengelolaan Kompos Berbasis Masyarakat memberikan pendampingan, bantuan sarana prasarana serta peningkatan potensi SDM anggota KUBE Mekarsari.

KUBE Mekarsari beranggotakan 20 orang ibu rumah tangga, dengan usaha utama berupa pengelolaan limbah daun kering menjadi kompos padat dan limbah rumah tangga menjadi kompos cair dan memasarkan kompos dengan merek Mekarsari. Selain itu, kelompok bersama ini memiliki pengembangan usaha mandiri berupa warung sembako, kerajinan dari limbah plastik dan katering.

Pengelolaan Kompos Berbasis Masyarakat merupakan sinergi Pupuk Kaltim dengan Pemkot dalam mewujudkan misi Kota Bontang sebagai Green City dan Smart City. Program ini digagas Pupuk Kaltim sejak tahun 2014 dan goal nya pada tahun 2018 nanti menjadikan KUBE Mekarsari sebagai kelompok yang mandiri, memiliki koperasi anggota serta membuat replikasi program pengelolaan dan pemasaran kompos (ris).






Layanan Pelanggan & Pengaduan